Rabu, 10 Februari 2016

Mengapa Literasi Sains begitu Penting ?


Ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi yang semakin penting untuk kesejahteraan ekonomi dan kualitas hidup kita mendefinisikan "melek sains" secara luas termasuk ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika (science, technology, engineering and math (STEM).  literasi sains membantu kita memahami dan membentuk kehidupan kita sehari-hari.  Ini membantu kami karena kami berinteraksi dengan lingkungan kita, bertanya dan mencari jawaban.  Proses tanya-jawab ini terletak di kunci mengetahui dan melakukan ilmu pengetahuan.  Ini adalah cara berpikir dan mengetahui tentang komponen alam dan fisik dari dan di dunia kita hidup.

Sedangkan pentingnya ilmu dalam kehidupan kita sehari-hari tidak selalu jelas, kami benar-benar membuat banyak pilihan berbasis ilmu pengetahuan setiap hari.  Untuk mengelola kesehatan kita dan kesejahteraan, literasi sains memainkan peran kunci.
Apakah kita memilih produk untuk mengkonsumsi dalam rutinitas sehari-hari dan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan, atau membuat keputusan tentang perawatan kesehatan kita, ilmu memainkan bagian.
Ilmu tidak hanya membentuk kehidupan kita sehari-hari, itu juga merupakan dasar dari budaya inovatif dan dapat ditemukan pada inti dari keputusan politik yang signifikan.  Memahami ilmu sangat penting bagi semua orang sehingga digunakan dan berdampak pada masa depan negara .
 ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika (STEM) sebagai pembelajaran utama kami dan dasar keterlibatan untuk menyediakan program dan layanan yang mengembangkan literasi sains berdampak, membangun keterampilan kritis dan menumbuhkan kegembiraan belajar.
Dengan menggabungkan aktif, tangan / pikiran STEM pengalaman dengan penelitian dan peluang pemecahan masalah belajar, kami membantu pemuda Kanada membangun pemahaman tentang apa artinya untuk mengetahui ilmu.
Melakukan ilmu pengetahuan berkembang kemampuan kita untuk mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, mengatur dan menguji ide-ide kami, memecahkan masalah dan menerapkan apa yang kita pelajari.  Bahkan lebih, ilmu menawarkan dasa yang kuat untuk membangun rasa percaya diri, mengembangkan keterampilan komunikasi dan membuat rasa dunia di sekitar kita - dunia yang semakin dibentuk oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dal Harbour Youth Camp.Ilmu adalah inklusif

Setiap orang dapat dimasukkan dan terlibat dalam ilmu dengan menghubungkan pengalaman sehari-hari pribadi untuk ilmu pengetahuan, terlepas dari mana mereka tinggal, bagaimana mereka hidup atau apa bahasa yang mereka berbicara.
ilmu pengetahuan kolektif kita berasal dari kontribusi dari berbagai budaya dan orang-orang dari waktu ke waktu.  Akses ke pendidikan ilmu pengetahuan berkembang kepercayaan diri dan membangun citra diri yang positif bagi semua peserta didik, terlepas dari budaya, jenis kelamin, ras, kelas sosial atau keyakinan agama.  

Ilmu melintasi subyek

Di luar sekolah, kita tidak bagian hidup kita ke dalam periode biologi, kimia dan fisika - ilmu tersebut belum mendasari hampir semua kehidupan kita sehari-hari.  Ilmu mendukung pendekatan multi-disiplin untuk keterlibatan ilmu pengetahuan dan kami menggunakan ide-ide besar seperti energi serta konsep terfokus seperti magnet untuk menunjukkan banyak koneksi yang dapat dibuat di seluruh bidang studi tradisional.
Ilmu juga dapat ditemukan dalam sejarah, geografi, filsafat, pendidikan jasmani, seni dan bidang studi lainnya.  periode waktu pemahaman dalam sejarah dan masyarakat, misalnya, melibatkan belajar tentang inovasi ilmiah dan teknologi yang digunakan selama periode tersebut.  Ilmu ini juga sangat terkait dalam dunia kreatif seni, tari dan musik.  Ini ilmu yang memungkinkan kita untuk memahami bagaimana kita mendengar musik, bagaimana kita menggerakkan tubuh kita untuk menari dan bagaimana mata kita melihat seni.

Ilmu mengembangkan keterampilan keaksaraan

Child Learning, Kredit Foto - Cody Badai Cooper
Kesempatan belajar menghubungkan ilmu pengetahuan untuk bidang studi lain memberikan konteks yang kaya untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, matematika dan konsep bahasa dan keterampilan.  program terpadu membantu peserta didik memahami konsep-konsep di mata pelajaran yang berbeda, memungkinkan mereka untuk membuat koneksi dalam topik tertentu.  Integrasi ilmu yang berbeda juga dapat membantu peserta didik menghubungkan konsep dan eksplisit menghubungkan berbagai disiplin ilmu sains.
Bahasa dan tulisan keterampilan merupakan bagian integral mengetahui dan melakukan ilmu pengetahuan.  Membaca, menulis dan berbicara semua penting untuk memahami dan berkomunikasi masalah ilmiah dan ide-ide.  pengalaman belajar STEM memberikan konteks berharga bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan keaksaraan melalui membaca dan menulis informasi dan teks non-fiksi.
Literasi dalam ilmu, bagaimanapun, adalah lebih dari sekedar membaca dan menulis.  Ini melibatkan memahami ilmu dampak memiliki pada dunia kita dan memberikan kesempatan untuk berdebat masalah melalui ditulis, presentasi lisan atau visual. Hal ini memberikan kesempatan siswa untuk membaca, menulis, mempertahankan dan berkomunikasi temuan mereka dalam cara yang berarti, sambil membantu meningkatkan kesadaran ilmu di penonton dalam melakukannya.
Kegiatan Outreach

Ilmu mengembangkan keterampilan berhitung

Berhitung, seperti bahasa dan tulisan, adalah penting untuk melakukan ilmu pengetahuan.  Keterampilan menyortir dan mengelompokkan, memperkirakan dan menghitung, mengukur, grafik, mengumpulkan data dan menganalisis sering digunakan ketika melakukan ilmu.
penyelidikan sains memberikan kesempatan otentik dan relevan untuk belajar dan menggunakan keterampilan berhitung dalam konteks ilmu.  Misalnya, memahami dan memprediksi bagaimana kekuatan bertindak pada struktur melibatkan ilmu pengetahuan, matematika dan teknologi desain melalui pengumpulan data, pengukuran, penyajian dan keterampilan interpretasi.

Ilmu mengembangkan keterampilan umum dan teknis

IF-Industri-June2010Welding-LokakaryaIlmu adalah cara untuk mengetahui dan berpikir tentang dunia alam dan fisik yang mengelilingi kita.  Mengamati, mengukur, menyimpulkan, mengelompokkan, memprediksi dan berkomunikasi adalah beberapa keterampilan yang penting untuk investigasi ilmiah, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.  keterampilan kunci ini semua berkontribusi untuk ilmu pengetahuan sebagai tubuh pengetahuan dan cara untuk mengetahui.
Melakukan investigasi ilmu pengetahuan dan eksplorasi melibatkan penggunaan keterampilan penyelidikan.  Permintaan adalah proses melingkar;  kesimpulan dapat mengambil pelajar kembali ke pertanyaan awal dan menimbulkan pertanyaan lebih lanjut, melibatkan peserta didik lainnya dalam proses.  Dengan merumuskan pertanyaan mereka sendiri, perencanaan, dan melakukan penyelidikan, peserta didik membangun makna baru, pemahaman dan pengetahuan.  Hal ini membantu mengembangkan pemikiran, penalaran dan pengambilan keputusan penting mereka keterampilan yang akan melayani peserta didik untuk seumur hidup.
Sains juga memerlukan menggunakan keterampilan teknis, yang penting untuk prosedur yang digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti melakukan titrasi dalam kimia atau menggunakan skala semi dalam fisika.  Bagian dari pembelajaran keterampilan teknis mengembangkan pemahaman tentang pertimbangan keamanan yang terlibat saat menangani bahan dan peralatan dan melakukan eksperimen.

Ilmu adalah kuat dan penting

Ketika kita berpikir tentang masa depan yang ada di depan dan isu-isu global yang harus diselesaikan seperti perubahan iklim dan akses global untuk makanan, air minum dan perawatan kesehatan menjadi lebih jelas mengapa melek ilmu pengetahuan merupakan dasar kehidupan di abad ke-21.  Bergabung Mari Bicara Sains dan membantu kami menyiapkan generasi peserta didik untuk berkembang dan memimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar